Jumlah kendaraan tercatat tadi 30.657 atau turun 6.327 kendaraan
Tasikmalaya (ANTARA News) - Lalu lintas arus balik Lebaran di jalur selatan Jawa Barat, melewati lingkar Gentong di Kabupaten Tasikmalaya tampak normal pada Kamis dan tidak terjadi antrean seperti beberapa hari lalu.

"Sekarang arus lalu lintas sudah mulai normal, tidak terjadi kepadatan lagi," kata Kepala Pos Timbang Gentong Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Asep Mustofa.

Ia menuturkan, jumlah kendaraan arus balik dari arah timur atau Tasikmalaya menuju barat atau Bandung lintas Gentong mengalami penurunan.

Menurut dia, sekitar 80 persen kendaraan pemudik sudah kembali ke arah barat atau Jakarta dan sekitarnya.

"Sekarang ini tinggal sisanya sekitar 20 persen, 80 persennya sudah kembali ke arah barat," katanya.

Berdasarkan perhitungan Pos Jembatan Timbang Gentong, volume kendaraan dari arah timur menuju barat sudah turun drastis.

Perhitungan Kamis pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB jumlah kendaraan yang melintas Gentong menuju Bandung untuk kendaraan roda dua 8.384 kendaraan dan roda empat termasuk bus 3.389 kendaraan, sedangkan dari arah sebaliknya roda dua 2.523 kendaraan roda empat 2.073 kendaraan.

Dibandingkan dua hari sebelumnya perhitungan selama 24 jam jumlah kendaraan roda dua dan empat menuju Bandung sebanyak 36.984 kendaraan, hari berikutnya turun menjadi 30.657 kendaraan.

"Jumlah kendaraan tercatat tadi 30.657 atau turun 6.327 kendaraan," kata Asep.

Meskipun terjadi kepadatan kendaraan selama arus mudik dan balik hari raya Lebaran, kata Asep, tidak terjadi kecelakaan yang menyebabkan orang meninggal dunia sepanjang jalur Gentong.

Menurut dia, angka kecelakaan kendaraan di Gentong tidak dilaporkan banyak kejadian yang fatal dibandingkan musim Lebaran tahun sebelumnya.

"Alhamdulilah sekarang angka kecelakaan di Gentong nihil, berbeda dengan tahun sebelumnya ada kecelakaan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013