Jakarta (ANTARA News) - Museum Soesilo Soedarman di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menambah satu koleksi pesawat tempur taktis OV- 10 F Bronco TNI AU yang merupakan sumbangan dari Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Ida Bagus Putu Dunia.

"Pesawat tersebut telah berhasil terpasang dengan megah di halaman depan Museum Soesilo Soedarman yang terletak di tengah desa Gentasari, Kroya Kabupaten Cilacap," kata Ketua Dewan Kurator Indroyono Soesilo melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Indroyono yang mantan Sesmenko Kesra dan kini menjabat Direktur di FAO Roma tersebut menjelaskan sebagai tanda untuk melestarikan dan mengabadikan sumbangan pesawat tersebut Kepala Staf Angkatan Udara telah membubuhkan tanda tangan dalam prasasti sebagai tanda penyerahan pesawat tempur.

Dewan Kurator, tambah dia, dalam menyusun koleksi Museum Soesilo Soedarman bertujuan untuk memberikan contoh keteladanan dan semangat, kepada anak anak desa agar mereka giat rajin beljar dan bekerja keras.

Koleksi museum tersebut saat ini sangat beragam dan mencakup koleksi sejak Soesilo Soedarman masih bayi, seperti bambu tajam (welat) untuk memotong tali pusar, tempat tidur Soesilo Soedarman ketika masih kanak-kanak, sampai pakaian seragam lengkap sewaktu ia menjabat sebagai Menko Polkam.

"Banyak sekali para pimpinan TNI dan juga para menteri yang telah menyumbangkan koleksi mereka untuk semakin melengkapi Museum Soesilo Soedarman," katanya.

Dia menambahkan seluruh keluarga besar Soesilo Soedarman sangat berbahagia mendapat sumbangan OV 10 Bronco yang penuh sejarah ini dapat menjadi koleksi Museum Soesilo Soedarman.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013