Tegal (ANTARA News) - Walikota Tegal Ikmal Jaya melepas 295 orang jamaah calon haji (calhaj) dari kota tersebut pada Minggu malam.

"Keberangkatan jamaah calon haji dari Kota Tegal tahun ini sedikit berbeda dibandingkan sebelumnya. Biasanya berangkat gelombang kedua dan terakhir, tapi kali ini mendapat kloter pertama," kata Ikmal Jaya dalam sambutan sebelum pelepasan jamaah calhaj.

Ikmal mengatakan perbedaan itu disebabkan Kota Tegal yang akan mengadakan pemilihan umum walikota dan wakil walikota pada Oktober mendatang.

Dengan diberangkatkan lebih awal, maka jamaah calhaj dari Tegal juga bisa pulang lebih awal untuk menggunakan hak pilihnya dana pemilihan tersebut.

"Besok, jamaah calhaj akan sampai di Asrama Haji Donohudan, Boyolali dan akan berangkat ke Tanah Suci pada Selasa, diberangkatkan Gubenur Jawa Tengah," tuturnya.

Kepada keluarga dan kerabat jamaah calhaj, Ikmal mengajak untuk mendoakan supaya jamaah mendapat kesehatan sehingga dapat menjalankan rukun, wajib dan sunnah haji selama di Tanah Suci.

Sebanyak 295 jamaah calhaj dari Kota Tegal berangkat ke Asrama Haji Donohudan menggunakan sembilan bus.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013