Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Burhan Muhammad mengklarifikasi perihal empat mahasiswa International Islamic University Islamabad (IIUI) asal Indonesia yang dilaporkan menghilang sejak Agustus 2013 lalu.

Duta Besar Burhan Muhammad melalui keterangan tertulis yang disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Rabu, mengatakan keempat mahasiswa Indonesia tersebut telah meninggalkan Pakistan dan Menuju Turki pada Agustus 2013.

Nama dan nomor paspor keempat mahasiswa tersebut tercatat oleh Kedutaan Besar Indonesia di Pakistan sebagai Arisdiantoro Sunarno Sumo (V 790134), Dawin Nuha Abdullah (V 795642), Muhammad Fakhri Insani (V 790133), and Rusydan Abdul Hadi Amir (V 790132).

"Saya mengklarifikasi bahwa keempat mahasiswa tersebut telah meninggalkan Pakistan pada Agustus, lalu menuju Turki," kata Burhan.

Hingga berita ini diturunkan, ANTARA News masih menunggu keterangan lebih lanjut dari Duta Besar Burhan Muhammad dan instansi terkait mengenai alasan keempat mahasiswa S1 (Bachelor Science) Studi Islam IIUI itu meninggalkan Pakistan dan menuju Turki.

Sebelumnya, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan melaporkan empat mahasiswa tersebut hilang sejak 21 Agustus 2013 dan masih terus berkoordinasi dengan pihak berwenang Pakistan, termasuk kepolisian.

"Keempat mahasiswa itu adalah anggota aktif PPMI Pakistan dan tidak berafiliasi dengan gerakan-gerakan atau kelompok ekstrimis," kata Ketua PPMI Pakistan Heryanto dalam keterangan pers yang diterima Antara pada Rabu.

Pewarta: Azi Fitriyanti
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013