Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) diyakini akan berdampak meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan wisata.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana dan Ketua Program Studi Pariwisiata Universitas Indonesia, Dr Jajang Gunawijaya MA dalam pernyataan pers di Jakarta, Minggu.

Mereka berpendapat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sebagai bagian dari Program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) mendesak untuk segera direalisasikan.

Lebih lanjut, mereka juga meminta pemerintah pusat dapat segera mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum untuk merealisasikan pembangunan dan operasional JTTS tersebut.

"Sumatera memiliki banyak potensi pariwisata yang luar biasa indahnya. Potensi tersebut kurang dapat digarap secara maksimal, karena keterbatasan infrastruktur khususnya jalan," kata Bhatoegana.

Jika Jalan Tol Trans Sumatera diwujudkan, lanjut dia, wisatawan yang mengunjungi obyek wisata di Pulau Jawa dapat melanjutkan petualangan atau kunjungan wisatanya langsung ke Sumatera lewat jalur darat yang lebih eksoktik  dibandingkan lewat udara.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013