Bangkok (ANTARA News) - Panglima Tertinggi Militer Thailand Tanasak Patimapragorn mendesak semua pihak untuk mencermati aturan hukum dan menginginkan solusi cepat untuk mengakhiri kekacauan politik.

Jenderal Tanasak mengatakan pada konferensi pers setelah forum untuk mencari solusi, yang dia tidak bisa mengatakan apakah ia puas dengan pertemuan hari itu, tetapi itu pasti berguna dan bisa membantu dalam mencari solusi damai.

Dia tidak mengomentari tuntutan para pengunjuk rasa. Dia ingin semua pihak untuk mengadakan pembicaraan dengan patriotisme dan mematuhi peraturan serta hukum dan membiarkan negara maju.

Jenderal Tanasak mengatakan dia yakin semua pihak mencintai negara, meskipun mereka memiliki ide yang berbeda.

Dia mengatakan negara itu seperti tubuh manusia. Perlu pemeliharaan dan perbaikan, tetapi tubuh bisa menjadi lumpuh jika proses memakan waktu terlalu lama.

Forum Jumat ini diselenggarakan oleh Angkatan Bersenjata Thailand di auditorium utama Angkatan Bersenjata, Direktorat Urusan Sipil Bersama di Kompleks Pemerintah di Bangkok.

Suthep Thaugsuban, sekretaris jenderal Komite Reformasi Demokratis (PDRC) kelompok protes Rakyat, telah meminta diskusi dengan para pemimpin angkatan bersenjata tentang reformasi politik .

Pihak militer juga menyampaikan undangan untuk akademisi dari perguruan tinggi, organisasi bisnis dan anggota media untuk hadir.

Selama forum, Suthep menegaskan sikap Prdc untuk menuntut Perdana Menteri Yingluck Shinawatra mengundurkan diri dan PDRC akan mencari perdana menteri sementara dan juga anggota kabinet.

Suthep mengatakan selama dua jam terasa itu forum bagi militer yang tidak inginkan, ingin melakukan kudeta lain tetapi ia ingin angkatan bersenjata dipaksa untuk membuat keputusan yang berpihak pada masyarakat umum
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013