Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perindustrian Alex S. Retraubun berharap industri kecil menengah (IKM) peraih piagam penghargaan One Village One Product (OVOP) mampu menjadi pelaku ekspor.

"Saya berharap IKM-IKM yang mendapat penghargaan OVOP, khususnya kategori bintang empat dan lima tidak hanya berperan sebagai produsen saja, tapi mampu menjadi eksportir di tengah-tengah persaingan global," kata Alex dalam acara penganugerahan piagam OVOP, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, upaya pemberdayaan IKM sebagai bagian dari sektor industri cukup penting karena IKM terbukti mampu bertahan di tengah krisis ekonomi, berperan dalam menyerap banyak tenaga kerja, sebagai penunjang pemerataan pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang mandiri dan berkontribusi terhadap devisa melalui peningkatan ekspor.

Ia menjelaskan hingga 2012, jumlah unit usaha IKM mencapai 3,23 juta unit usaha dan menyerap 7,85 juta orang tenaga kerja. Sementara investasi yang dihasilkan mencapai Rp31,72 triliun dengan nilai ekspor sebesar Rp175,9 triliun.

"Ini menunjukkan bahwa IKM punya peran cukup penting bagi industri nasional," katanya.

Sebanyak 38 industri kecil dan menengah menyabet piagam penghargaan Satu Desa Satu Produk atau One Village One Product (OVOP) dari Kementerian Perindustrian pada Selasa (24/12).


Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013