Intinya semua atlet masih berpeluang memperkuat Indonesia
Makassar (ANTARA News) - PB Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) akan menjadikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) senior di Cipule Karawang, 26-31 Januari, sebagai ajang seleksi Pelatnas Asian Games Korea Selatan 2014.

Manajer Pelatnas Dayung Indonesia Young Mardinal, saat dihubungi dari Makassar, Rabu, mengatakan dengan kondisi itu maka diharapkan seluruh pengprov menurunkan atlet terbaiknya agar menjaga peluang memperkuat Indonesia pada Asian Games 2014.

Ia juga menjelaskan bahwa status atlet saat ini tidak ada yang istimewa. Artinya meski atlet tersebut sebelumnya telah meraih emas di SEA Games 2013 namun bukan jaminan bisa langsung lolos dan memperkuat timnas.

"Anwar Tarra dan lainnya sebagai penyumbang medali emas SEA Games tetap perlu ikut seleksi. Jika dalam seleksi ternyata bisa dikalahkan atlet yang lain maka itu yang akan lolos. Intinya semua atlet masih berpeluang memperkuat Indonesia," jelasnya.

Menurut dia, ada dua opsi yang rencananya dilakukan pada seleksi tersebut yakni atlet yang dinyatakan lolos dipulangkan dulu ke daerah masing-masing atau langsung dipertahankan untuk persiapan pelatnas yang dimulai Februari 2014.

"Kita akan lihat dulu bagaimana baiknya. Namun kita memang sudah rencanakan memulai pelatnas persiapan Asian Games pada Februari 2014," katanya.

Pelatih Dayung Sulsel Faizal, menyatakan pihaknya berencana menurunkan 12 atlet terbaiknya menghadapi Kejurnas senior 2014. Pedayung tersebut terdiri atas 10 atlet kanoing dan selebihnya akan tampil di kategori rowing.

Dari 12 nama yang rencananya diturunkan memang kemungkinan besar terdapat beberapa nama yang selama ini cukup menjanjikan seperti Anwar Tarra, Areif, Ilham, dan Syahrul. Apalagi atlet yang bersangkutan memang sudah tergabung dalam program Sulsel Maju II.

"Namun kita juga tetap akan menggelar seleksi untuk melihat siapa yang layak memperkuat Sulsel di Kejurnas pada 20 Januari nanti," ujarnya.

Saat ini, kata dia, seluruh atlet masih terus fokus meningkatkan kemampuan di Makasar dan beberapa daerah lainnya di Sulsel seperti Pangkep, Gowa dan Palopo.

Pewarta: Abd kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014