Syarat yang harus dipenuhi para peserta Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2014 adalah WNI usia 17 hingga 24 tahun, belum menikah, berat dan tinggi badan proporsional dengan tinggi badan minimal 165 cm untuk Dimas dan 160 cm untuk Diajeng."
Sleman (ANTARA News) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menyelenggarakan Pemilihan Dimas Diajeng Sleman pada 2014 ini.

"Penyelenggaraan yang ke tiga kalinya ini secara teknis akan dilakukan Ikatan Dimas Diajeng Sleman (IDDS) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Nurhadiyati Patminingsih, Senin.

Menurut dia, ajang Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2014 diselenggarkaan dalam rangka mencari potensi generasi muda yang mampu mengemban visi sebagai duta budaya dan pariwisata bagi Kabupaten Sleman pada khususnya dan DIY pada umumnya.

"Syarat yang harus dipenuhi para peserta Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2014 adalah WNI usia 17 hingga 24 tahun, belum menikah, berat dan tinggi badan proporsional dengan tinggi badan minimal 165 cm untuk Dimas dan 160 cm untuk Diajeng," katanya.

Selain itu, kata dia, juga sehat jasmani dan rohani, memiliki kepribadian yang menarik, berprestasi, dinamis, kreatif dan komunikatif serta menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris.

"Peserta mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan dua lembar pas foto berwarna ukuran 4 x 6, foto close-up dan seluruh badan terbaru dengan background putih, fotokopi KTP dan KTM, ijazah SMA/sederajad, mengisi formulir yang disediakan atau dapat diunduh di twitter @dimjengsleman serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp50.000," katanya.

Ia mengatakan, pendaftaran dibuka mulai 3 Februari 2014 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, pada jam kerja Senin sampai Jumat 7 Februari pukul 08.00-15.00 WIB.

"Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Dimas Anindita (0878-3969-2730) dan Dimas Billy (0857-4797-9696)," katanya.

Nurhadiyati mengatakan, dalam seleksi tersebut akan ditentukan pemenang lima besar, yaitu Dimas Diajeng Sleman 2014, Wakil I, Wakil II, Harapan I dan Harapan II serta Pemenang Atributif lainnya meliputi Dimas Diajeng Favorit dan Persahabatan.

Secara rinci seleksi yang harus dilalui para peserta meliputi test tertulis (pilihan ganda dan isian singkat tentang pengetahuan pariwisata dan kebudayaan Yogyakarta, khususnya Sleman), wawancara ( pariwisata, kebudayaan Jawa, intelegensia, pengetahuan umum, public speaking, dan unjuk bakat).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi mengatakan, pemilihan Dimas Diajeng Sleman merupakan upaya yang strategis dalam mendidik generasi muda secara dini untuk menjadi generasi yang memiliki kesadaran dan ketahanan budaya yang tinggi.

"Dimas Diajeng Sleman diharapkan bisa menjadi motivator dan teladan bagi generasi muda dan keberadaannya sebagai salah satu ikon sumberdaya manusia yang berbudaya, berkarakter, cerdas, kreatif dan, berwawasan luas," katanya. (*)

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014