Ini untuk mengantisipasi kebakaran lahan yang terus meluas dalam beberapa hari terakhir...
Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyatakan saat ini wilayah Provinsi Riau dalam kondisi siaga bencana kabut asap akibat kebakaran lahan.

"Ini untuk mengantisipasi kebakaran lahan yang terus meluas dalam beberapa hari terakhir khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Kepala BPBD Riau Said Saqlul Amri lewat sambungan telepon kepada wartawan di Pekanbaru, Senin siang.

Said mengatakan titik-titik kebakaran lahan di Riau dalam satu pekan terakhir telah dapat dipadamkan namun kebakaran lahan masih terjadi di lokasi-lokasi lain.

Oleh karena itu, ia menjelaskan, seluruh instansi terkait termasuk BPBD kabupaten/kota, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Dinas Kesehatan Riau, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau, kepolisian dan Dinas Kehutanan siaga mengantisipasi dampak kabut asap.

"Semua lembaga, badan dan dinas ini yang nantinya akan turut membantu dalam upaya pencegahan bencana kabut asap. Jangan sampai kejadian tahun 2013 terulang," katanya.

Tahun 2013, kabut asap sempat dikategorikan sebagai bencana karena menyebabkan kegiatan pemerintahan dan pendidikan terhambat. Bahkan ketika itu dampak kabut asap sampai ke Malaysia dan Singapura.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014