Beijing (ANTARA News) - Waralaba ayam bakar asal Korea "BBQ Premium Cafe" akan segera hadir memanjakan lidah masyarakat Indonesia pada Juni mendatang.

Hal itu tertuang dalam kesepakatan kemitraan "Master Franchise Agreement" antara Genesis BBQ Global dengan Goodway Group Indonesia, disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan John Prasetyo di Seoul, Rabu waktu setempat.

Ketua Goodway Group Indonesia Ngurah Swajaya kepada Antara di Beijing Kamis, mengatakan kemitraan antara kedua pihak tidak sekadar menghadirkan waralaba ayam bakar asal Korsel tersebut, tetapi juga disertai kesepakatan untuk menggunakan bahan baku Indonesia, pelatihan bagi para pengelolaan restoran di Indonesia dalam usaha waralaba sejenis.

"Genesis BBQ Global merupakan perusahaan waralaba terbesar di Korsel dengan jaringan 4.000 "outlet" tersebar di hampir seluruh kota-kota di dunia. Karena itu kemitraan ini tidak sekadar membuka restoran, tetapi juga pelatihan pengelolaan restoran agar pengelola restoran di Indonesia lebih profesional termasuk menyajikan makanan yang lebih sehat," tuturnya.

Terkait itu, lanjut Ngurah Swajaya, dalam jangka panjang kedua pihak sepakat untuk mendirikan pusat pelatihan pengelolaan restoran di Indonesia. Genesis BBQ Global selain memiliki beberapa usaha waralaba khusus ayam, juga mempunyai pusat riset dan diklat bagi para pengelola restorannya.

Sementara itu Goodway Group Indonesia merupakan jaringan bisnis yang bergerak dibidang perhotelan, properti dan restoran.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan John Prasetyo mengatakan kemitraan itu juga memberikan manfaat bagi kedua negara.

"Pembukaan jaringan waralaba itu tidak hanya memungkinkan pemanfaatan produk lokal Indonesia dengan menggunakan sistem dan teknologi Korea Selatan, tetapi juga akan membuka peluang tenaga kerja yang cukup signifikan bagi rakyat Indonesia," katanya.

"BBQ Premium Cafe" akan meMbuka sekitar 1.000 outle" di Indonesia dalam dua tahun mendatang. Menu utamanya adalah ayam bakar yang dimasak menggunakan minyak zaitun untuk menampilkan cita rasa yang berbeda.

Selain ayam bakar sebagai menu utama, di negara asalnya dan 400 unit di beberapa negara lain di Asia, termasuk China dan Amerika Serikat "BBQ Premium Cafe" juga menyajikan nasi, aneka pasta, dan pizza. Keseluruhan produk yang dijual bersertifikasi halal.

Kesepakatan kerja sama itu juga menandai peringatan 25 Tahun Kemitraan ASEAN Korea yang dirayakan sepanjang 2014 di seluruh negara ASEAN dan Korea Selatan.

Rangkaian peringatan tesebut akan diakhiri dengan Konferensi Tingkat Tinggi Komemoratif ASEAN dan Korea Selatan di Korea Selatan pada akhir 2014. ASEAN dan Korea memiliki target perdagangan bilateral sebesar 150 miliar dolar AS pada 2015.

Nilai investasi Korea juga menunjukkan peningkatan menjelang pembentukan Komunitas ASEAN pada akhir 2015. ASEAN juga telah menjadi tujuan wisatawan Korea terfavorit kedua. 

Pewarta: Rini Utami
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014