Brussel (ANTAR News) - Parlemen Eropa pada Rabu menyetujui paket investasi satu miliar euro (1,37 miliar dolar AS) untuk mendukung proyek-proyek digital dan jaringan broadband berkecepatan tinggi Eropa.

Anggota Parlemen Eropa memutuskan dalam sesi Pleno mereka untuk mendukung proyek digital dari Fasilitas Penghubungan Eropa (CEF-Connecting Europe Facility) yang diusulkan oleh Komisi pada 2011 untuk meningkatkan jaringan transportasi, energi dan digital Eropa.

"Masalah infrastruktur digital untuk seluruh ekonomi. Jadi keputusan hari ini bukan hanya tentang telekomunikasi dan internet, ini tentang memberikan setiap sektor apa yang mereka butuhkan untuk bersaing atau memberikan pelayanan publik," Neelie Kroes, Wakil Presiden Komisi Eropa untuk Agenda Digital mengatakan.

Kroes mengatakan, pemberian prioritas kepada jasa "building-block" dapat digunakan kembali di semua sektor, seperti EID, eSignature, eInvoicing dan Automated Translation, CEF Digital secara bertahap akan meningkatkan eko-sistem digital dalam mendukung pasar tunggal digital tanpa hambatan digital.

Berdasarkan proposal yang disahkan oleh Parlemen Eropa, sebagian besar pendanaan akan mendukung layanan digital seperti infrastruktur, platform pan-Eropa dan pelayanan publik lintas batas seperti eProcurement, eHealth, atau Data Terbuka.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014