Kerja sama tersebut di antaranya dalam hal pinjam meminjam pemain antara kedua klub serta pengembangan Akademi Arema maupun akademi milik Consadole Sapporo,"
Malang (ANTARA News) - Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, menggandeng klub asal Jepang Consadole Sapporo untuk melakukan kerja sama di berbagai bidang yang berkaitan dengan persepakbolaan.

"Kerja sama tersebut di antaranya dalam hal pinjam meminjam pemain antara kedua klub serta pengembangan Akademi Arema maupun akademi milik Consadole Sapporo," General Manajer Arema Cronus Indonesia Ruddy Widodo, Jumat.

Menurut dia, kerja sama tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan sepak bola di Tanah Air, khususnya Arema, karena Arema bisa belajar banyak ke Jepang. Pengalaman Jepang lebih baik ketimbang Arema dalam pengelolaan sepak bola.

Ruddy mengatakan akademi milik Consadole Sapporo banyak menyumbangkan pemainnya untuk memperkuat Timnas negeri Matahari Terbit tersebut. Arema ingin seperti itu, memiliki bibit pemain yang berkualitas dan menyumbangkan pemain Timnas lebih banyak lagi.

Ia mengemukakan pada kunjungan pertamanya ke markas Arema, General Manajer Consadole Sapporo Hirokatsu Mikami menyatakan ketertarikannya pada salah satu pemain Arema, yakni Hendro Siswanto. Namun, manajemen Arema masih belum memberikan lampu hijau terkait rencana peminjaman pemain tersebut.

"Kami akan bicarakan lebih lanjut dan lebih detail lagi terkait kerja sama ini sekitar Juni atau Juli nanti, ketika kami berkunjung ke Jepang," ujarnnya.

Sebelumnya manajemen Arema juga telah melakukan komunikasi dan Ruddy Widodo pun beberapa kali bertemu dengan perwakilan klub asal Jepang tersebut.

Lebih lanjut Ruddy mengatakan penandatanganan kerja sama akan dilakukan pada Juni atau Juli mendatang. Salah satu bentuk kerja sama itu nanti juga dalam hal pembinaan pemain junior, sebab Sapporo baru saja mendapatkan penghargaan dari federasi sepak bola Jepang sebagai tim yang memiliki pengembangan pemain muda terbaik.

"Untuk menuju kesana, kami masih melakukan pembahasan lebih detail, namun kerja sama ini didasarkan pada persamaan visi misi kedua klub, apalagi Arema dan Sapporo sama-sama punya basis suporter fanatik," kata Ruddy.

Saat ini Consadole Sapporo bermain di kompetisi tahta kedua liga Jepang dan Arema bermain di liga tertinggi di Indonesia, Liga Super Indonesia (LSI).

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014