Surabaya (ANTARA News) - Para seniman musik tradisional dan jazz dari Korea Selatan akan mengadakan konser kolaborasi dengan seniman Indonesia di Balai Pemuda Surabaya, pada 2 April 2014.

Andoria Pandiangan, dari Pusat Kebudayaan Korea Jakarta dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu, menjelaskan kolaborasi itu akan menampilkan jazz dan musik rakyat dengan tema "MosaiKorea 2014".

"Konser ini merupakan perpaduan para seniman besar dari Korea Selatan maupun dari Indonesia. Banyak seniman hebat dari Korea dengan Indonesia ikut berpartisipasi bersama dalam meramaikan pertukaran seni budaya antardua negara tersebut," katanya.

Pada pertunjukan nanti, katanya, kolaborasi seni musik tradisional Korea dengan musik beraliran Jazz barat itu akan menciptakan sebuah simfoni orkestra yang mengagumkan.

"Konser ini memiliki tujuan yang lebih aktif dalam memperkenalkan keberagaman jenis kebudayaan Korea lainnya di luar musik K-Pop," katanya.

Menurut Andoria, pertunjukan nanti akan mengandung empat unsur yaitu surga, bumi, manusia dan langit. Seniman Korea yang terlibat adalah Heo Yoon Jeong (ahli alat musik geomungo), Lee Aram (pemain daegeum), Kang Min Su (perkusi) dan Kim Tae Young (perkusi) dan Kim Yul Hee (vokal).

Sementara beberapa musisi jazz Korea yang yang terlibat adalah Seo Young Do (bas), Min Kyung In (piano), Kim JeeSeok dan Shin Hyul Pill (saksofon).

"Untuk seniman Indonesia akan menampilkan tarian, video dan beberapa elemen visual yang lain," katanya.

Pertunjukan yang akan dimulai pukul 18.30 WIB itu diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014