Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Revitalisasi Terminal Bus dalam kota Manggarai diresmikan,"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Bus Manggarai, Jakarta Selatan yang telah selesai direvitalisasi.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Revitalisasi Terminal Bus dalam kota Manggarai diresmikan," kata Jokowi dalam acara peresmian di Terminal Bus Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut dia, terminal yang dibangun dengan gaya arsitektur kolonial itu nantinya akan terintegrasi dengan halte Transjakarta dan Stasiun Kereta Api Manggarai melalui akses jembatan penyeberangan.

"Di terminal ini, seluruh moda transportasi itu akan kita integrasikan satu sama lain. Dengan begitu, tidak ada lagi calon penumpang yang memiliki kebiasaan suka memberhentikan angkutan umum di sembarang tempat," ujar Jokowi.

Selain Terminal Bus Manggarai, dia menuturkan pihaknya juga akan merevitalisasi sejumlah terminal bus lain, diantaranya Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kali Deres dan Terminal Rawamangun.

"Bukan itu saja, Terminal Pinang Ranti, Terminal Kampung Melayu dan Terminal Klender juga akan kita revitalisasi. Sehingga, calon penumpang merasa nyaman ketika menunggu busnya datang," tutur Jokowi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengungkapkan dengan diperbaruinya terminal tersebut, maka diharapkan calon penumpang dapat lebih teratur saat hendak naik angkutan umum.

"Kita berharap tidak ada lagi penumpang yang memberhentikan angkutan di sembarang tempat. Jadi, semuanya lebih teratur, tidak ada yang seenaknya. Apalagi, terminal ini juga dilengkapi dengan fasilitas modern berupa tangga eskalator, sehingga penumpang semakin nyaman," ungkap Akbar.

Terminal bus yang menghabiskan dana sebesar Rp12,5 miliar untuk pembangunannya itu terdiri dari empat lantai. Di lantai satu terdapat ruang tunggu untuk penumpang, di lantai dua tersedia food court dan mushola.

Sedangkan dua lantai diatasnya lagi, disediakan pusat jajan makanan dan

minuman atau food court, mini market, mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta ruang pengawasan. (*)

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014