Los Angeles (ANTARA News) - Lirik lagu "Like A Rolling Stone" tulisan tangan Bob Dylan akan dilelang bulan Juni mendatang di rumah lelang Sotheby's, New York.

Sotheby's menyebut naskah lirik lagu tulisan tangan itu sebagai "satu-satunya draf akhir lirik yang masih bertahan" dari lagu rock Bob Dylan tahun 1965.

Draf empat halaman yang ditulis dengan pensil itu memuat beberapa frasa yang tidak jadi direkam dan frasa yang kini mejadi bagian dari lagu seperti "How does it feel/ To be on your own/ No directio/ Like a complete unknown/ Like a Rolling stone."

Lirik itu dilelang oleh seorang pria yang diidentifikasi sebagai penggemar asal California, yang "bertemu pahlawannya dalam konteks non-rock dan membelinya langsung dari Dylan," demikian pernyataan Sotheby's yang dikutip laman LA Times.

Sotheby's menyebut manuskrip itu sebagai "tulisan tangan langsung dengan koreksi, revisi, dan tambahan, yang meliputi draf penting akhir lirik 'Like A Rolling Stone' (Juni 1965)".

Di antara frasa lirik lagu pada lembaran-lembaran kertas hotel Roger Smith di Washington, D.C. itu ada "Al Capone" dan "dry vermouth, you’ll tell the truth."

Lirik itu ditaksir bisa terjual dengan harga satu juta sampai dua juta dolar AS.

Lelang lirik "Like A Rolling Stone" akan berlangsung pada 24 Juni di Sotheby's, New York. Lirik lagu Dylan merupakan bagian dari lelang sejarah musik rock bertajuk "A Rock & Roll History: Presley to Punk".

Selain lirik lagu Dylan, surat jaminan pembebasan Jim Morrison, vokalis The Doors, yang ditangkap di Miami serta poster tur dan benda-benda promosi Elvis Presley, Rolling Stones, Bruce Springsteen, Led Zeppelin, dan Cream juga akan dilelang.

Rekor penjualan lirik lagu rock tulisan tangan dipegang oleh John Lennon untuk lagu "A Day In the Life" dari album Beatles berjudul Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Bandyang terjual 1,2 juta dolar AS tahun 2010.

Tahun lalu, The Fender Stratocaster, gitar listrik yang digunakan Dylan di Newport Folk Festival di Rhode Island sekitar tahun 1965 laku 965.000 dolar AS.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014