Jakarta (ANTARA News) - Chairul Tanjung saat mulai menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang baru berencana mengubah metode koordinasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

"Metode saya ubah.. Saya yang langsung datang ke daerah sehingga pemimpin daerah tidak harus datang ke Jakarta," kata Chairul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Chairul menegaskan langkahnya ini bukan untuk tujuan politik tetapi semata demi meningkatkan efektivitas pengeluaran sehingga beban biaya menjadi lebih murah.

Dia mengatakan, dengan dirinya yang menyambangi daerah akan membuat orang relatif tidak sebanyak bila pejabat daerah yang mengunjungi ibukota.

Dia juga akan  berdialog dengan dunia usaha seperti Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). "Sehingga bisa timbul akselerasi perekonomian yang baik," kata dia.

Dia mengatakan akan fokus pada masalah fiskal karena jumlah penerimaan negara tidak sesuai dengan target APBN 2014 sehingga pemerintah tak melanggar ketentuan defisit lebih dari tiga persen sesuai undang-undang.

Ia juga tidak akan mengambil kebijakan bersifat strategis tanpa berkonsultasi lebih dahulu dengan presiden.

"Semua opsi kebijakan yang bersifat strategi pasti saya konsultasikan dengan presiden," tegasnya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014