Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin pagi, dijadwalkan melantik Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Perekonomian yang baru, menggantikan Hatta Rajasa.

Pelantikan akan berlangsung di Istana Negara pada pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian baru, menggantikan Hatta Rajasa yang telah mengundurkan diri.

"Saya telah mengambil kesimpulan untuk mengangkat saudara Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian yang baru," kata Presiden Yudhoyono pekan lalu.

Menurut Presiden, Chairul Tanjung merupakan sosok yang memiliki kecakapan yang layak dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

SBY juga mengingatkan bahwa Chairul bukanlah orang baru karena kapasitasnya sebagai Ketua KEN selama ini, telah membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ekonomi.

"KEN bukanlah forum akademik tetapi tempat berkumpulnya praktisi di dunia usaha, termasuk para pakar dan ekonom. Saya menilai Bapak Chairul Tanjung berhasil dalam menyatukan kalangan," katanya.

Ia juga mengatakan meskipun KEN sebenarnya bukanlah badan penentu kebijakan, tetapi pandangan dan rekomendasi yang dihasilkan KEN di bawah pimpinan Chairul Tanjung sangat berguna dalam pembuatan kebijakan.

Hatta Rajasa pekan lalu menyampaikan pengunduran diri sebagai Menko Perekonomian setelah memutuskan untuk maju dalam proses pilpres bersama calon presiden dari Gerindra, Prabowo.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014