Jakarta (ANTARA News) - Kandidat calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai prasyarat mendaftar menjadi peserta Pemilu Presiden 2014 dan menyebut tes kesehatan jiwa sebagai yang paling seru.
"Saya sudah pernah dites empat kali, paling seru itu saat dites kesehatan jiwa. Disuruh nulis angka-angka, ditanya-tanya. Paling susah saat menjawab pertanyaan tentang reaksi," kata Jokowi sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis.


Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr. Douglas S Umboh mengatakan pemeriksaan kejiwaan merupakan bagian dari rangkaian tes kesehatan yang akan dilakukan pada calon presiden dan calon wakil presiden hari ini.


Menurut dia, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden akan menjalani pemeriksaan kesehatan selama sekitar satu setengah jam dan antara lain meliputi wawancara serta pengujian kemampuan observasi, analisis dan pengambilan keputusan.


Jokowi sebelumnya pernah menjalani pemeriksaan kesehatan saat mencalonkan diri menjadi wali kota Solo (dua kali) dan gubernur DKI Jakarta.
Kali ini dia telah mempersiapkan diri dengan berpuasa selama delapan jam, makan makanan sehat serta rutin berolahraga setiap Sabtu-Minggu.


"Blusukan kan olah raga itu, jalan jauh dan keringetan. Belum lagi tangannya ditarik-tarik orang untuk salaman," kata Jusuf Kalla, kandidat calon wakil presiden yang berpasangan dengan Jokowi.

"Kalau saya sudah mempersiapkan untuk menjalani tes ini selama 20-30 tahun dengan teratur jogging, hidup tidak bisa instan harus dibentuk sejak dulu," kata Jusuf Kalla.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014