Gianyar (ANTARA News) - Empat dalang wayang tradisional yang tinggal Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, akan mengikuti Festival Wayang Internasional di Nanchong, Tiongkok, pada 31 Mei-7 Juni 2014.

"Festival wayang di China itu akan diikuti dalang dari seluruh dunia," kata I Wayan Tunjung, salah satu dari dalang yang akan mengikuti festival itu, di Gianyar, Kamis.

Dalam festival itu, dia akan membawakan lakon Mahabarata dan Ramayana bersama dalang I Gede Suartana, I Nyoman Karang Mustika, dan I Komang Sudiarsa.

Jennifer Goodlander akan pergi bersama mereka. Dia adalah profesor teater dan drama dari Indiana University, Amerika Serikat, yang sejak 2008 tinggal dan menetap di Ubud untuk belajar pedalangan.

Wayan Tunjung mengatakan festival wayang internasional bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya tradisional yang kini tidak banyak diminati kaum muda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengatakan pemerintah mendukung pelestarian kesenian tradisional tersebut.

"Kami sudah berkomitmen memberikan ruang bagi seniman dalam setiap kegiatan pelestarian budaya melalui pentas seni," ujarnya.

"Bulan Oktober mendatang kami akan menggelar workshop tentang pewayangan sehingga generasi muda kembali mendapat pencerahan tentang pentingnya seni pewayangan," katanya.

Pewarta: Gembong Ismadi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014