... masif sekali. Berarti ada yang menggerakkan dan itu terpola. Sistematis begitu. Ini orang terlatih... "
Jakarta (ANTARA News) - Koordinator Wilayah Jawa Tengah Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Ganjar Pranowo, mengatakan, telah membentuk tim untuk mendeteksi kampanye hitam atau black campaign yang gencar dilakukan pihak lain.

"Semakin konyol black campaign mereka, masyarakat semakin mengerti ini bualan. Awalnya terkejut, lho kok masif sekali. Berarti ada yang menggerakkan dan itu terpola. Sistematis begitu. Ini orang terlatih," kata Pranowo, di Posko Pemenangan Jokowi-JK, di Jalan Cemara, Jakarta, Rabu malam.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi black campaign, kata dia, melalui klarifikasi langsung.

Kemarin dia mengklarifikasi secara terbuka di Jawa Tengah, umpamanya soal sertifikasi, dan berbicara langsung dengan para guru, karena ini perintah UU juga untuk mendorong agar guru profesional. 

"Jadi sekarang klarifikasi. Sesederhana itu, termasuk ke pondok-pondok, apa mungkin seperti itu. Ini khan sudah berlebihan. Kami bicara dengan kyainya. Sekarang kami buat tim menanggulangi black campaign itu," kata dia.

Tim khusus itu, lanjut dia, akan bersiaga mencari tahu siapa yang menyebarkan kampanye hitam itu dan bagaimana pola dilakukan. 

Disebutkan dia, penyebaran kampanye hitam dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan selebaran atau melalui pesan singkat. 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014