Brasilia (ANTARA News) - Pelatih Nigeria Stephen Keshi mengkritik wasit asal Amerika Serikat Mark Geiger setelah timnya kalah 0-2 dari Prancis pada babak 16 besar Piala Dunia di Brasilia Senin malam lalu.

"Wasit itu manusia dan pasti tak lekang dari kesalahan, tapi banyak kesalahan menjadi dipertanyakan," kata Keshi pada jumpa pers pasca pertandingan di Mane Garrincha National Stadium. "Saya tidak senang dengan pewasitan (pertandingan itu)."

Keshi merasa dirugikan ketika gol babak pertama dari Emmanuel Emenike dianulir karena dinilai offside dan Prancis lolos dari hukuman ketika melakukan tekling berlebihan.

Blaise Matuidi hanya dikenai kartu kuning atas pelanggaran kerasnya terhadap gelandang Ogenyi Onazi yang terpaksa tak bisa melanjutkan pertandingan, sedangkan Olivier Giroud selamat dari hukuman setelah terlihat menyikut John Mikel Obi.

"Jika Anda melihat gol yang kami cetak, tidak ada pelanggaran. Pada dua kesempatan Onazi menrima pelanggaran yang sangat keras dan tak satu pun dihukum. Dia kini tak bisa bermain mungkin selama berminggu-minggu," tambah Keshi.

"Ini kali pertama saya dalam hidup saya berbicara soal wasit, karena memang tidak baguas."

Prancis memecah kebuntuan melalui gol menit 79 dari sundulan Paul Pogba dan kemudian gol bunuh diri Joseph Yobo.  Prancis akan menghadapi Jerman di babak perempat final, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014