Lapangan dan masjid-masjid besar yang dipersiapan untuk shalat Idul Fitri di Kota Denpasar mencapai sekitar 15 lokasi
Denpasar (ANTARA News) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Denpasar, Bali menyiapkan 15 lokasi, sepuluh di antaranya di lapangan umum dan tempat terbuka untuk shalat Idul Fitri 1 Syawal 1435 H.

"Ke-15 lokasi untuk shalat itu di luar masjid-masjid besar yang juga dijadikan tempat shalat Idul Fitri," kata Ketua Panitia PHBI Bali, Haji Said Dudin di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, kesepuluh lokasi lapangan terbuka tersebut terdiri atas lapangan GOR Ngurah Rai, lapangan Niti Mandala Renon, lapangan Sesetan, Lapangan Niti Praja Lumintang, lapangan Perumnas Monang-Maning Denpasar dan halaman Universitas Udayana (Unud).

"Lapangan dan masjid-masjid besar yang dipersiapan untuk shalat Idul Fitri di Kota Denpasar mencapai sekitar 15 lokasi," ujar Haji Said Dudin.

Meskipun panitia banyak menyiapkan lokasi shalat, namun satu pun tidak ada yang diperuntukkan secara khusus bagi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara yang berlibur di Bali.

Pelancong umat muslim yang merayakan Idul Fitri di Bali dapat mengikuti shalat bergabung dengan masyarakat setempat pada sepuluh lapangan terbuka dan sejumlah masjid yang telah disiapkan tersebut.

PHBI telah melakukan berbagai persiapan dengan matang, dengan harapan seluruh rangkaian kegiatan Idul Fitri 1435 dapat terlaksana secara baik dan lancar.

Di antara persiapan tersebut adalah pertemuan dengan jajaran Polda Bali, menyangkut pengamanan seluruh rangkaian Hari Raya Lebaran. Selain pengamanan lokasi shalat, baik di lapangan maupun masjid, jajaran Polda Bali juga mengamankan pelaksanaan mudik Lebaran, di jalan-jalan raya, terminal, penyeberangan laut dan bandara.

Keterlibatan desa adat, khusus petugas keamanan (pecalang) dalam pelaksanaan shalat mencerminkan rasa kebersamaan, kerukunan yang mantap dan kokoh yang selama ini dapat diwujudkan di Pulau Dewata, kata Said Dudin.

Pewarta: IK Sutika
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014