Bandarlampung (ANTARA News) - Sebanyak 455 jemaah calon haji asal Lampung diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji 1435 Hijriah/2014 Masehi.

"Jumlah calon haji itu berasal dari Bandarlampung, Kabupaten Pringsewu, dan Lampung Utara, yang tergabung dalam kelompok terbang 1," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Junaidi, pada pelepasan calhaj Lampung di Asrama Haji Bandarlampung, Kamis malam.

Ia mengatakan, calon haji Provinsi Lampung tahun ini berjumlah 5.075 orang yang terbagi dalam 11 kloter.

Secara nasional sejak tahun 2013 pengurangan kuota keberangkatan jemaah calon haji hingga 20 persen. Dengan demikian akibat pengurangan tersebut maka banyak calon haji Lampung yang tertunda berangkat haji.

"Belum lagi batal untuk berangkat karena sakit atau meninggal dunia, meskipun mereka mendapat kuota di tahun ini. Tapi kita semua percaya segala sesuatunya kembali kepada takdir dan ketentuan Allah SWT," katanya.

Oleh karena itu, tambahnya, seluruh calon haji hendaknya bersyukur karena dapat menunaikan ibadah haji di tahun ini dan diberikan kesehatan lahir dan batin.

Dia meminta jemaah untuk menjalankan ibadah haji dengan penuh kekusyukan dan keikhlasan karena sudah terpilih untuk menunaikan panggilan Allah SWT ke tanah suci.

Ia menyebutkan, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan fasilitas penyelenggaraan haji agar lebih baik, mulai dari pemondokan, katering, pelayanan kesehatan dan transportasi.

"Sejak tahun 2012, hingga sekarang Pemerintah Provinsi memberikan makan bagi para jemaah selama di tanah suci. Tentunya ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap para jemaah haji. Insya Allah pada musim haji tahun mendatang fasilitas pendukung lainnya, juga akan ditingkatkan agar para jemaah dapat beribadah dengan khusyuk dan lancar," katanya pula.

Ia juga berharap kepada seluruh jemaah calon haji, untuk memelihara dan menjaga kesehatan, disiplin, etika, serta tata krama selama berada di tanah suci, khususnya dalam melaksanakan tahapan ibadah haji.

Kemudian, waspada terhadap cuaca panas selama berada di tanah suci, dan menghemat energi serta tidak pergi keluar hotel kecuali untuk keperluan mendesak. Beribadah dengan penuh keihlasan, kekhusuan dan menunaikan ibadah Haji semata-mata karena Allah SWT.

"Gunakan waktu 40 hari untuk memperbanyak ibadah, seperti berzikir, berdoa tadarus Alquran, bersedekah," katanya.

Sekdaprov Lampung itu juga meminta junjung tinggi martabat bangsa, tunjukkan kepribadian sebagai muslimin dan muslimat Indonesia yang baik.

(A054/S025)

Pewarta: Agus WK
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014