Teheran (ANTARA News) - Dua kapal perusak Tiongkok tiba di Pelabuhan Teluk Iran Bandar Abbas.

AFP mengutip media Iran. Minggu, menyebutkan bahwa kunjungan pertama kali dalam sejarah tersebut merupakan bukti pemulihan hubungan baru antara kedua negara.

Pelabuhan itu terletak di seberang Teluk Bahrain, tempat Armada Kelima Amerika Serikat berpangkalan.

Angkatan laut Iran dan Tiongkok akan menggelar pelatihan pencarian dan penyelamatan bersama dan pelatihan kecelakaan maritim, menurut Laksamana Hossein Azad, seorang komandan senior angkatan laut Iran, seperti dikutip media.

Angkatan Laut Iran meningkatkan kehadirannya di arena internasional selama beberapa tahun terakhir, khususnya untuk membantu menjaga kapal-kapal komersial di Teluk Aden terhadap serangan bajak laut.

Iran dan Tiongkok telah meningkatkan perdagangan dan hubungan ekonomi pada beberapa tahun terakhir.

Tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar bagi Iran.

Perdagangan antara mereka tahun ini diperkirakan akan melebihi 45 miliar dolar AS meskipun terdapat sanksi ekonomi dan perbankan terhadap Iran karena program nuklirnya yang kontroversial.

Tiongkok adalah salah satu bagian dari kelompok yang disebut P5+1 (yang terdiri anggota tetap Dewan Keamanan PBB: Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Prancis, Inggris ditambah Jerman) melakukan perundingan-perundingan dengan Teheran dengan harapan mengakhiri krisis lebih dari satu dekade berkaitan dengan isu nuklir itu.

(Uu.SYS/C/H-AK/C/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014