Kendari (ANTARA News) - Jamaah calon haji (JCH) tertua yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berusia 96 tahun atas nama M Saad bin Abdul Jabbar Mantu.

Pejabat Sementara kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra, Hasanuri di Kendari, Senin, saat pelepasan JCH asal Sultra, mengatakan, M Saad adalah warga Kabupaten Kolaka kelahiran 20 Oktober tahun 1917 dan tergabung dalam kloter 22 Ujung Pandang (UPG).

"Sedangkan Jemaah calon haji termuda asal Sultra tahun ini berusia 21 tahun atas nama Hasmiati binti H Daeng Manrapi kelahiran 26 September 1993 asal Kota Kendari dan tergabung dalam kloter 22-UPG," kata Hasanuri.

Pelepasan secara resmi jemaah calon haji asal Sultra tersebut dilakukan oleh gubernur Sultra, Nur Alam.

Dia mengemukakan, jumlah jemaah cahaya yang diberangkatkan pada tanggal 21 September 2014 sebanyak 450 orang yang tergabung dalam kloter 20-UPG.

"Kloter 22-UPG ini merupakan gabungan dari jemaah calon haji Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Muna, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Utara," katanya.

Menurut dia, 450 JCH yang diberangkatkan hari ini ke Asrama Haji Sudiang Makassar tersebut, akan masuk Asrama Haji Sudiang pada tanggal 22 September pukul 13:00 waktu setempat dan akan diberangkatkan menuju Jeddah tanggal 23 September pukul 13:00 waktu setempat.

Secara keseluruhan kata Hasanuri, jumlah jemaah calon haji asal Sultra sebanyak 1335 orang dan ditambah 15 orang tim pembimbing haji daerah (TPHD).

"Jumlah tersebut tergabung dalam tiga kloter yakni kloter 20-UPG, kloter 22-UPG dan kloter 24-UPG," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014