Jakarta (ANTARA News) - Keluarga Mantan Presiden Soeharto menyumbang 26 ekor sapi sebagai hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1435 Hijriah di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur. Berat sapi rata-rata 700kg hingga 1,2ton.

"Jumlah kurban ada 26 sapi dan enam kambing. Seluruh sapi berasal dari keluarga dan kerabat Soeharto. Kambingnya berasal dari rekanan dan pimpinan pengurus Masjid At-Tin," kata Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban Masjid Agung At-Tin Jamilludin di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, jumlah hewan kurban tersebut lebih sedikit dibandingkan saat Idul Adha 1434 Hijriah atau pada 2013, namun ukuran rata-rata sapi untuk tahun ini dinilai jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu.

Menurut dia, dari 26 sapi tersebut, panitia akan membaginya ke dalam 6.400 kantong untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama di lingkungan Masjid Agung At-Tin.

Guna mengantisipasi antrian masyarakat, panitia telah mengatur pendistribusian daging kurban, yang akan diberikan melalui yayasan, panti asuhan dan pengurus Rukun Warga setempat.

"Seperti biasanya, kami melanjutkan apa yang sudah dilakukan pada masa pimpinan terdahulu. Kami bagikan berdasarkan proposal tertulis dari yayasan dan wilayah setempat. Supaya tidak terjadi kekisruhan," kata Jamil.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014