Jakarta (ANTARA News) - Sepeda dayung berbahan baku bambu dari Bogor, Jawa Barat, diminati pasar Belgia karena memiliki keunikan dan nilai seni yang tinggi.

"Saat ini, permintaan sepeda bambu di pasar Belgia cukup tinggi, sehingga perajin cukup kesulitan memenuhi permintaan pasar di negara tersebut," kata Direktur Mutigo Indonesia, Fatmi Woro Dwimartanti di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan ekspor sepeda bambu ke pasar Belgia mencapai satu kontainer/bulan dan diperkirakan akan terus meningkat seiring peminat kerajinan ini tidak hanya di pasar Belgia tetapi juga pasar negara lainnya.

"Saat ini, sudah ada pengusaha di beberapa negara seperti Eropa, Afrika dan Asia yang tertarik dengan kerajinan khas dari Bogor ini," ujarnya.

Menurut dia, prospek kerajinan sepeda bambu ini cukup tinggi, karena pangsa pasar yang tinggi dan ketersediaan bahan baku yang berlimpah untuk dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan perajin.

Ia mengatakan keunggulan sepeda bambu antara lain kerangkanya sangat keras, mentransfer daya efisien, tahan lama, tahan karena tekanan dan beban, sangat nyaman, melebihi aluminium, baja, titanium, dan karbon.

"Kerangka sepeda ini dari bambu pilihan, batang bambu telah melalui proses pengasapan dan pemanasan dan jarak poros belakang, pembersihan ban, jenis rem, kabel routing, telah melalui pilihan sehingga menjadikan tampilan tampak indah dan terpadu," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014