Jakarta (ANTARA News) - Tim medis New York telah menemukan penyebab kematian komedian Joan Rivers, yaitu serangan hipoksia selama operasi.

Pembawa acara Fashion Police tersebut meninggal di Mount Sinai Hospital New York bulan lalu, setelah menderita serangan jantung dan gangguan pernapasan selama operasi tenggorokan rutin di klinik terdekat.

Otopsi dilakukan pada bulan September, namun hasilnya tidak meyakinkan.

Petugas medis merilis temuan mereka, Kamis, dan mengungkapkan bahwa oksigen ke otak Rivers terputus selama prosedur operasi tersebut berlangsung.

"OCME (Office of the Chief Medical Examiner) telah menyelesaikan penyelidikan. Penyebab kematian Rivers adalah ensefalopati anoxic karena serangan hipoksia selama operasi laringoskopi dan endoskopi saluran cerna bagian atas dengan propofol sedation untuk mengevaluasi perubahan suara dan penyakit gastroesophageal reflux. Rivers meninggal akibat komplikasi terapi," kata juru bicara OCME dalam sebuah pernyataan.

Putri Rivers, Melissa, mengatakan "Kami sangat sedih atas kehilangan tragis ini dan berterima kasih atas cinta dan dukungan dari seluruh dunia," demikian seperti dilansir laman Hollywood.com.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014