Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menerima penghargaan Lifetime Achievement Award for Religion and Culture Development atau Anugerah Prestasi dalam Bidang Pengembangan Agama dan Kebudayaan di Tiongkok.

"Penghargaan diberikan pada The 6th World Chinese Economic Forum di Chongqing Tiongkok," kata Din melalui siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Din mengatakan forum ini adalah event dunia yang diadakan setahun sekali dan dihadiri tokoh etnis Tionghoa dari seluruh dunia dan berbagai tokoh mancanegara lainnya.

"Forum dibuka Wakil Presiden Tiongkok Li Yuan Chao dan dihadiri 500 tokoh Tionghoa seluruh dunia," katanya.

Penghargaan diberikan karena Din dianggap berjasa mengembangkan kehidupan beragama dan kebudayaan baik dalam negeri maupun luar negeri seperi di Mindanao Filipina dan Patani Thailand.

Din mengatakan ini merupakan penghargaan keempat yang diterima di luar negeri setelah sebelumnya menerima penghargaan dari Yordania, Italia dan Malaysia.

"Ini anugerah Allah yang perlu disyukuri walaupun apa yang saya lakukan selama ini untuk perdamaian, peradaban dan kemanusiaan baru sedikit," katanya.

Pada kesempatan itu mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menerima penghargaan Special Benevolent Leadership Award atas kepedulian mengembangkan peradaban dunia dan kepedulian terhadap etnis Tionghoa.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014