Kalau perlu kita ancam hukuman dikeluarkan dari kesatuan"
KRI Sultan Hasanuddin (ANTARA News) - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Widodo menyatakan pihaknya akan menindak tegas anggota TNI dari kesatuan apa pun yang terlibat kegiatan ilegal.

Hal itu disampaikan Laksda Widodo selepas mengikuti operasi penenggelaman tiga kapal ikan asing ilegal di wilayah perairan Tanjung Pedas, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Jumat.

"Jadi yang jelas kami akan menindak tegas seluruh anggota apabila terbukti terlibat dalam kegiatan-kegiatan ilegal, terutama pencurian ikan," katanya di atas Kapal Republik Indonesia Sultan Hasanuddin-366.

Bahkan tidak tanggung-tanggung Pangarmabar mengancam akan memecat anggota TNI Angkatan Laut yang terlibat dalam kegiatan ilegal yang marak terjadi di perairan dekat wilayah perbatasan Indonesia.

"Kalau perlu kita ancam hukuman dikeluarkan dari kesatuan," katanya.

Sebelumnya Pangarmabar menyebutkan bahwa selama 2014 pihaknya telah menangkap sedikitnya 78 kapal ikan asing ilegal yang melakukan aktivitas pencurian ikan di wilayah barat Indonesia.

Muncul kekhawatiran bahwa oknum anggota TNI AL terlibat untuk membackingi kegiatan-kegiatan ilegal, meski sejauh ini belum diketahui praktik tersebut.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014