Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 220 personel keamanan dari Mabes Polri, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan dinas pemadam kebakaran mengamankan jalannya misa malam Natal 2014 di Gereja Katedral Jakarta pada Rabu (24/12), demikian dikatakan Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat dari Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Agus S.

"Sejauh ini situasi aman. Kami harapkan perayaan Natal tahun ini di Gereja Katedral berjalan tertib dan lancar," katanya.

Sebanyak lima ribu jamaah terlihat memadati Gereja Katedral Jakarta untuk mengikuti misa malam Natal sesi pertama pada Rabu sore. Misa malam Natal diadakan dalam tiga sesi yakni pada pukul 17.00, 19.30 dan 22.00 WIB.

Misa malam Natal sesi pertama di Gereja Katedral berjalan khidmat. Umat yang datang mengikuti misa terlihat menempati ruang didalam gereja dan tenda diluar gereja yang sudah disediakan panitia.

Untuk dekorasi, panitia perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta menggunakan botol plastik dan ranting-ranting kering. Botol plastik dipotong dan dibentuk menyerupai spiral terlihat digantung di langit-langit tenda menuju gereja sedangkan ranting-ranting kecil diikat menjadi satu menyerupai bentuk pohon Natal ditempatkan di beberapa sudut gereja.

"Kami memilih menggunakan ranting-ranting kering sebagai pohon Natal untuk melambangkan kebersamaan kami sebagai keluarga. Penggunaan barang bekas seperti botol plastik juga sebagai upaya kami untuk tidak menambah kerusakan lingkungan yang sudah terjadi," demikian dikatakan dalam pernyataan pers pihak Gereja Katedral Jakarta.

Pihak gereja juga berharap tindakan mereka yang menggunakan bahan-bahan daur ulang untuk dekorasi Natal bisa memberi inspirasi umat untuk menggunakan barang-barang yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Pewarta: Amie Fenia Arimbi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014