Titik-titik tanggul sungai yang rawan jebol itu berada di Sungai Cilamaya dan Sungai Citarum,"
Karawang (ANTARA News) - Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan sejumlah titik tanggul sungai di daerah tersebut rawan jebol pada musim hujan.

"Titik-titik tanggul sungai yang rawan jebol itu berada di Sungai Cilamaya dan Sungai Citarum," kata Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana setempat Rochuyun A Santosa, saat dihubungi di Karawang, Rabu.

Menurut dia, hujan deras sudah terjadi di Karawang sejak beberapa pekan terakhir. Kondisi mengakibatkan tingginya volume air sungai, yang dikhawatirkan jebolnya tanggul sungai.

Kekhawatiran itu cukup beralasan, karena saat ini sejumlah titik tanggul sungai Cilamaya dan tanggul sungai Citarum rawan jebol saat volume air sungai tinggi.

Jebolnya tanggul sungai tersebut akan berdampak buruk, dan bisa mengakibatkan banjir parah. Atas kondisi itu pihaknya mengingatkan agar masyarakat yang tinggal di bantaran sungai selalu waspada terhadap ancaman banjir parah.

Menurut dia, sejak sebelum musim hujan, tanggul sungai tersebut sudah diperbaiki secara permanen. Sehingga tidak akan ada banjir parah terjadi di Karawang.

Untuk mengantisipasi jebolnya tanggul sungai, pihaknya telah mengirim ratusan karung pasir ke lokasi tanggul sungai yang rawan jebol. Itu dilakukan sebagai antisipasi darurat.

Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang berharap agar ke depannya Balai Besar Wilayah Sungai Citarum atau Perusahaan Jasa Tirta II Jatiluhur bisa memperbaiki tanggul kritis di aliran Sungai Citarum dan Cilamaya.

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014