Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) melantik Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) masa bakti 2014--2019, dan Ginanjar Kartasasmita ditunjuk sebagai ketua pelaksana PMI.

"Semua tugas agar dijalankan sebaik-baiknya mengingat untuk membantu tugas-tugas kemanusiaan," kata Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PP PMI) di kantor PMI Pusat Jakarta, Jumat.

Dikatakan, PMI memiliki tiga tugas pokok. Pertama, tugas kenegaraan dalam rangka menjadi fasilitator untuk donor darah yang mencakup 240 juta penduduk.

Kedua adalah tugas penanganan jika terjadi bencana. Tugas ini memerlukan kemampuan yang baik, untuk mengatasi bencana-bencana.

Tugas ini juga, kata Wapres, dapat dijalankan dengan baik yang dibuktikan pada penanganan bencana yang telah terjadi baru-baru ini dan juga yang telah lama.

"Ketiga ada tugas sosial yang akan dikembangkan pada masa yang akan datang," kata Jusuf Kalla yang juga terpilih sebagai ketua umum PMI untuk kedua kalinya.

Jusuf Kalla menunjuk Ginanjar Kartasasmita sebagai Wakil Ketua Umum karena pengalamannya yang luas.

Posisi Wakil Ketua Umum ini akan menjadi ketua pelaksana, "mengingat waktu saya yang terbatas," kata wapres.

PMI memiliki tiga lapis kepengurusan, yakni pengurus yang menjalankan kebijakan, staf yang menjalankan program, dan relawan.

Susunan pengurus PMI masa bakti 2014-2019 antara lain terdiri dari Wakil Ketua Umum Ginanjar Kartasasmita, Ketua Bidang Hubungan Internasional Hamid Awaludin, serta Ketua Bidang Dana dan Prasarana Jhonny Darmawan.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015