Saya meminta anggota Banggar untuk mengoptimalkan pembahasan anggaran mengingat waktu pembahasan anggaran yang sangat sempit,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan melantik pimpinan Badan Anggaran DPR RI dengan komposisi satu orang ketua dengan empat orang wakil ketua.

"Saya meminta anggota Banggar untuk mengoptimalkan pembahasan anggaran mengingat waktu pembahasan anggaran yang sangat sempit," kata Ketua Banggar DPR RI Ahmad Noor Supit di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan dirinya juga berharap agar waktu yang terbatas ini digunakan untuk membahas anggaran untuk kepentingan rakyat.

Wakil Ketua Banggar Said Abdullah ditempat yang sama menegaskan komitmennya memperbaiki kinerja Banggar sehingga stigma negatif yang selama ini muncul di masyarakat bisa dihilangkan.

Menurut dia langkah yang ditempuh adalah bekerja semaksimal mungkin untuk kemakmuran rakyat melalui politik anggaran yang berpihak kepada kepentingan rakyat.

"Komitmen saya adalah memberi warna baru dalam politik anggaran. Artinya, porsi anggaran dialokasikan sebesar-besarnya untuk rakyat," ujarnya.

Said mengatakan Banggar DPR memang menjadi sorotan publik selama ini dan yang paling tajam terkait politik anggaran yang dianggap tidak menunjukan keberpihakan terhadap rakyat.

Karena itu dia berjanji akan mengembalikan kehormatan DPR dalam menjalankan peran politik anggaran dan dirinya yakin semua anggota Banggar sekarang ini punya semangat yang sama menjadikan Banggar dan DPR ini tidak cedera.

"Kita berjuang sesuai amanah rakyat, apa yang kita lakukan ini adalah untuk kepentingan seluruh masyarakat, tidak untuk kepentingan kelompok tertentu," katanya.

Dia menjelaskan, langkah pertama yang dilakukannya memperbaiki sistem di Banggar, terutama saat pembahasan anggaran.

Menurut dia mekanisme pembahasan anggaran harus sesuai standar dan prosedur saat pembahasan anggaran yang baik agar tidak terjadi lagi kesempatan untuk memanfaatkan pembahasan anggaran itu untuk keuntungan pribadi.

"Intinya, tidak ada lagi celah menggerogoti uang APBN. Ini betul-betul dieleminir sedemikian rupa," katanya.

Susunan pimpinan Banggar DPR RI yaitu Ketua Ahmadi Noor Supit (Fraksi Partai Golkar), Wakil Ketua I Said Abdullah (Fraksi PDI Perjuangan), Wakil Ketua III Djoko Ujiyanto (Fraksi Partai Demokrat), Wakil Ketua III Jamaluddin Jafar (Fraksi PAN) dan Wakil Ketua IV Jazuli Fawaid (Fraksi PKB).

Sementara itu jumlah anggota Banggar sebanyak 98 orang yang berasal dari seluruh fraksi di DPR RI.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015