Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengklaim daerahnya lebih siap menggelar Asian Games 2018 dibandingkan dengan DKI Jakarta karena sudah memiliki lokasi pertandingan yang berstandar internasional.

"Venues" atau lokasi-lokasi pertandingan yang berada di Kompleks Jakabaring Sport City Palembang berjumlah 18 dan lima di antaranya sudah mendapatkan sertifikasi dari induk organisasi cabang olahraga internasional, kata dia di Palembang, Kamis.

"Venues di Jakabaring sudah terbukti. Kejuaraan internasional banyak digelar di sini. Jelas, Palembang lebih siap dibandingkan Jakarta. Mana venues; di Jakarta yang sudah siap?" kata Alex Noerdin pada pemaparan persiapan Asian Games 2018 di Kantor Gubernur Sumsel.

Demi meysukseskan kejuaraan olahraga terbesar di Asia itu pihaknya juga akan tetap merenovasi lokasi pertandingan dan disesuaikan dengan standar masing-masing induk organisasi cabang olahraga.

Alex menjelaskan, dengan waktu sisa sekitar tiga setengah tahun, pihaknya optimistis semua persiapan yang dilakukan akan jauh lebih baik. Apalagi desain serta anggaran untuk melakukan renovasi sudah disiapkan semenjak Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

"Kita tidak menjelek-jelekkan Jakarta. Ini harus dilakukan bersama. Yang bisa dilakukan di Jakarta yang di Jakarta. Yang bisa di sini yang di sini. Intinya kita sudah siap," katanya.

"Venues" yang direnovasi demi menunjang terselengaraannya Asian Games 2018 diantaranya adalah lapangan sepak bola terutama untuk kapasitas tempat duduk. Stadion Jakabaring kapasitas tempat duduknya dinaikan dari 40 ribu menjadi 60 ribu.

Begitu juga dengan lapangan tembah, kolam renang, lapangan tenis hingga lintasan atletik. Alex menegaskan pihaknya juga akan menambah kapasitas tempat duduk penonton serta akan melengkapi fasilitas pendukung yang selama ini belum ada.

"Pokoknya dua hingga tiga tahun lagi Palembang tidak terkejar. Jakarta punya rencana, kami juga punya rencana yang lebih bagus," kata mantan Bupati Musi Banyuasin itu.

Dengan lokasi pertandingan yang dimiliki serta pengalaman menggelar kejuaraan internasional, kata dia, Sumsel siap menggelar Asian Games 2018.

Hingga saat ini pihaknya berusaha untuk mencari kepastian cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Jakabaring Sport City.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015