Semua ABK termasuk kapten dan tiga juru mudi, selamat dari kecelakaan laut KM Dewi Rezky, dan dapat dievakuasi,"
Jayapura (ANTARA News) - Seluruh awak KM Dewi Rezky yang berjumlah 12 orang dapat dievakuasi dari lokasi tenggelamnya kapal barang itu di muara Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

"Semua ABK termasuk kapten dan tiga juru mudi, selamat dari kecelakaan laut KM Dewi Rezky, dan dapat dievakuasi," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Patrige, di Kota Jayapura, Jumat malam.

Ia mengatakan, evakuasi awak kapal tenggelam itu dipimpin oleh Waka Polres Asmat Kompol Naharuddin, bersama Tim Basarnas Agats dan pihak terkait lainnya, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Asmat, ORARI Kabupaten Asmat, serta relawan atau keluarga korban.

Proses evakuasi menggunakan dua unit "speed boat" berkekuatan 85 PK dan satu unit "long boat" berkekuatan 40 PK.

"Proses evakuasi berjalan lancar karena adanya kerja sama yang solid antara gabungan tim evakuasi, dan adanya dedikasi yang tinggi dalam menanggapi kejadian tersebut walaupun adanya keterbatasan sarana dan prasana penunjang evakuasi," katanya.

Mantan Kapolres Merauke itu menjelaskan, evakuasi dimulai pukul 07.00 WIT, yakni tim evakuasi bertolak dari pos evakuasi di Pelabuhan Fery Agats menuju lokasi kecelakaan laut itu.

"Pukul 09.00 WIT, tim kembali dari lokasi kecelakaan laut membawa empat orang awak (anak buah kapal=ABK) yang berhasil dievakuasi," katanya.

Kemudian pada pukul 09.40 WIT, dua orang masyarakat kampung Yepem yaitu Walter Ewenmanam (41) dan Leonardus Jiwem (28) menggunakan "long boat fiber" tiba di Pelabuhan Fery Agats membawa empat orang awak kapal.

Keempat orang ABK itu sempat menyelamatkan diri dari lokasi kapal tenggelam menggunakan "body speed" 45 PK tanpa mesin, hingga mereka terdampar di rumpun pohon-pohon bakau sekitar kampung Yepem.

"Pukul 13.17 WIT, tim evakuasi kembali dari lokasi kecelakaan laut membawa sisa korban yakni sebanyak empat orang yang terdiri dari kapten kapal dan tiga juru mudi. Maka evakuasi berakhirnya," katanya.

Seluruh awak KM Dewi Resky itu sementara ini diamankan sekaligus beristirahat di ruang tunggu Pelabuhan Fery Agats.

"Kalau kondisi KM Dewi Rezky diperkirakan sembilan puluh persen tenggelam, dan kerugian materil (kapal dan muatan) akibat kecelakaan laut tersebut diperkirakan Rp2 miliar," katanya.

Identitas para awak KM Dewi Rezky itu yakni Kodensius Klau (34) asal Atambua, NTT selaku kapten kapal, Haerudin (42) asal Bonerate, Sulsel selaku juru mudi, Akbar (29) Bonerate, Sulsel, juga juru mudi, dan Husain (39) asal Selayar, Sulsel, yang juga juru mudi.

Sedangkan para ABK yakni Muhammad Nur (36) asal Makassar Sulsel selaku komprador kapal, Oscar (44) asal Makassar, Suhardin (23) asal Selayar, Sulsel, Asri (31) Buton Sulawesi Tenggara, dan Mustafa (30) Kupang, NTT.

ABK lainnya yakni Frengki Nana (21) Kupang, NTT, Abbas (34) asal Makassar, dan Muhajir (56) asal Makassar.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015