Toronto, Kanada (ANTARA News) - Forward Toronto Raptors, James Johnson, mengemas 20 poin termasuk rentetan tembakan tiga angka pada menit-menit akhir guna membawa timnya mengalahkan San Antonio Spurs 87-82, Senin WIB, sekaligus menunda kemenangan ke-1.000 pelatih Gregg Popovich selama berkarir di NBA.

Tertinggal 79-82 dengan sisa waktu satu menit 49 detik, Raptors mencetak delapan poin terakhir untuk menyudahi catatan buruk menghadapi Spurs yakni tujuh kekalahan beruntun.

DeMar DeRozan menyumbangkan 18 poin untuk Raptors, sementara Jonas Valanciunas turut mengemas delapan poin dan 16 rebound.

Di kubu Spurs, pebasket gaek Tim Duncan mencapai double-double lewat 12 poin dan 12 rebound, sedangkan Marco Belinelli mencetak 12 poin untuk juara bertahan yang bakal melakoni sembilan laga tandang beruntun namun memulainya dengan kekalahan.

Spurs hanya membukukan akurasi tembakan 33,3 persen akan melanjutkan rangkaian laga tandang mereka saat menyambangi markas Indiana Pacers pada Senin waktu setempat.

Popovich, lima kali menjuarai NBA bersama Spurs, hanya terpaut satu kemenangan saja untuk menjadi pelatih kesembilan sepanjang sejarah NBA yang bercacatan 1.000 kemenangan.

Nantinya pada saat Spurs berhasil memenangi laga untuk melengkapi catatan tersebut, Popovich akan berdiri sejajar dengan mantan Pelatih Utah Jazz Jerry Sloan sebagai pelatih yang mencapai 1.000 kemenangan di NBA dengan satu tim saja.

Di tengah laga yang berjalan ketat, Spurs membukukan perolehan poin 9-0 pada awal kuarter ketiga sehingga unggul delapan poin.

Hal itu memaksa Pelatih Raptors Dwane Casey meminta time-out dan kemudian pertahanan timnya menebal, hingga Spurs sejak itu sampai laga usai hanya berhasil menghasilkan angka dari 25 persen percobaan tembakan mereka.

Sebaliknya Raptors justru mencuri 10 poin beruntun untuk mengambil alih lagi keunggulan dalam skor 64-58 kala memasuki kuarter keempat.

Sisa waktu lima menit, point guard kawakan asal Prancis Tony Parker melesakkan tembakan tiga angka untuk membawa Spurs menyamakan kedudukan.

Dilanjutkan dengan tembakan tiga angka kedua dari Belinelli pada sisa waktu dua menit 30 detik yang segera disusul layup Parker kurang dari semenit berselang dan membuat membuat Spurs unggul 82-79.

Semenit kemudian Kyle Lowry melepaskan sebuah umpan terobosan kepada Johnson yang berdiri bebas di area tiga angka dan melakukan tembakan untuk memulai kebangkitan Raptors untuk akhirnya merebut kemenangan, demikian AFP.



Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015