Jakarta (ANTARA News) - Konsulat Jenderal RI di Istanbul, Turki, menyatakan telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat dakan menyelidiki hilangnya 16 Warga Negara Indonesia (WNI) di negara itu.

"Dari informasi yang diterima, kasus seperti ini bukan yang pertama kali terjadi, dan ditangani oleh Kepolisian Istanbul," demikian keterangan tertulis KJRI Istanbul, Jumat sore.

Menurut polisi, beberapa kasus sebelumnya melibatkan warga negara Amerika Serikat yang berupaya menyusup ke Suriah melalui perbatasan Turki.

Konjen mengkhawatirkan hilangnya ke-16 WNI adalahdi modus baru penyelundupan manusia ke sejumlah negara konflik melalui Turki.

KJRI menyebutkan, pada 24 Februari ada 25 turis WNI dari Smailing Tour tiba di Bandara Internasional Ataturk setelah menumpang penerbangan Turkish Airline TK-67.

Namun, 16 orang menyatakan berpisah dari rombongan dan akan bergabung kembali 26 Februari 2015 saat rombongan berada di kota Pamukkale.

Ketika tiba di Pamukkale, pimpinan tour wisata mengirim pesan SMS kepada 16 orang itu dan mendapat balasan mereka tidak akan bergabung dengan rombongan di kota itu, dan akan memberitahu lebih lanjut kapan waktu untuk bergabung kembali.

"Sesuai jadwal, rombongan kembali ke Jakarta pada tanggal 4 Maret 2015 pukul 00.40 menggunakan Turkish Airlines TK-66. Namun, ke-16 WNI yang memisahkan diri tersebut tidak muncul di bandara," demikian KJRI Istanbul.

Berikut ke-16 orang WIN hilang di Turki tersebut:

1. Utsman Mustofa Mahdamy asal Surakarta
2. Sakinah Syawie M. Tafsir asal Surakarta
3. Tsabitah Utsman Mahdamy asal Surabaya
4. Salim Muhamad Attamimi asal Surabaya
5. Fauzi Umar Salim asal Surakarta
6. Hafid Umar Babher asal Surakarta
7. Soraiyah Cholid asal Surabaya
8. Hamzah Hafid asal Surabaya
9. Utsman Hafid asal Surakarta
10. Atikah Hafid asal Surakarta
11. Jusman Ary asal Surabaya
12. Ulin Isnuri asal Surabaya
13. Humaira Hafshah asal Surabaya
14. Urayna Afra asal Surabaya
15. Aura Kordova asal Surabaya
16. Dayyan Akhtar asal Surabaya

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015