Tokyo (ANTARA News) - Jepang mengkonfirmasi mantan arsitek tim Aljazair dan Pantai Gading Vahid Halilhodzic sebagai pelatih kepala yang baru mereka pada Kamis.

Pria Prancis-Bosnia berusia 62 tahun itu menggantikan Javier Aguirre, yang dipecat bulan lalu di tengah kecemasan terkait harapan Jepang untuk kualifikasi Piala Dunia 2018 dapat terhambat akibat dugaan keterkaitan pria Meksiko itu dalam pengaturan pertandingan di Spanyol.

Halilhodzic menganggur sejak meninggalkan klub Turki Trabzonspor pada November, dan ketersediaannya diyakini membuat ia mengungguli mantan pengatur permainan Barcelona dan Real Madrid Michael Laudrup dan Oswaldo Oliviera, yang keduanya sedang bekeja untuk klub-klub di Qatar dan Brazil.

Liga Jepang dimulai pada akhir pekan lalu dan para ofisial Asosiasi Sepak Bola Jepang mengeksepresikan pilihan mereka terhadap kandidat dari luar negeri, untuk mengisi posisi yang lowong pada awal dimulainya liga domestik.

Jepang akan memainkan pertandingan-pertandingan persahabatan melawan Tunisia dan Uzbekistan pada akhir bulan ini, sebelum mereka memainkan fase pertama kualifikasi Piala Dunia pada Juni.

Juara Asia sebanyak empat kali itu diperkirakan dapat lolos untuk tampil di Piala Dunia untuk keenam kalinya secara beruntun.

Mantan penyerang Yugoslavia Halilhodzic memiliki banyak pengalaman di level internasional dan telah membantu Aljazair untuk melaju ke 16 besar Piala Dunia 2014 di Jerman, di mana mereka disingkirkan tim yang kemudian menjadi juara Jerman.

Ia juga membantu Pantai Gading lolos ke putaran final 2010, namun ia secara kontroversial dipecat sebelum turnamen di Afrika Selatan dimulai. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015