Manado (ANTARA News) - Bank Mandiri membiayai kredit pemilikan rumah (KPR) murah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Tahun 2015.

"Pembiayaan KPR bersubsidi oleh Bank Mandiri tahun ini ditargetkan meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya," kata Vice President Bank Mandiri Area manado, Hotman Nainggolan, di Manado, Kamis.

Hotman mengatakan sejak tahun 2013 sudah ratusan unit KPR bersubsidi yang dibiayai oleh Bank Mandiri di Sulut dan yang paling banyak di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

KPR bersubsidi atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) oleh Mandiri dengan tipe 36 dengan harga rumah sebesar Rp115 juta per unit.

Perumahan bersubsidi tersebut akan bekerja sama dengan developer di beberapa kabupaten dan kota di Sulut.

FLPP di Bank Mandiri diharapkan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah untuk dapat memiliki rumah.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga dapat menikmati cicilan bulanan yang sangat murah dan tetap sampai lunas 15 tahun sekitar Rp1 jutaan setiap bulannya.

FLPP di Sulut rumah yang disediakan adalah tipe 36 dengan luas tanah antara 100 sampai dengan 120 meter. "Luas tanah disesuaikan dengan harga tanah di daerah perumahan tersebut," katanya

Pemerintah membantu rakyat menghuni rumah layak lewat berbagai regulasi, salah satunya mendorong pihak pengembang untuk menyediakan rumah tapak sederhana atau rumah susun.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015