Hal itu dilakukan agar tidak terjadi bencana asap seperti dua tahun terakhir yang telah mencemari udara hingga ke negara tetangga,"
Pekanbaru (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan pemerintah akan mengerahkan TNI-Polri untuk melakukan penyekatan kanal di lahan gambut Provinsi Riau guna mencegah potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kemarau pertengahan tahun ini.

"Hal itu dilakukan agar tidak terjadi bencana asap seperti dua tahun terakhir yang telah mencemari udara hingga ke negara tetangga," katanya setelah melakukan pertemuan tertutup di ruang VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Rabu.

Pertemuan tertutup itu dilakukan Menteri bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, serta perwakilan pemerintah kabupaten/kota.

"Ini akan melibatkan TNI dan Polri karena untuk Riau sangat penting terkait pengamanan secara keseluruhan, terutama menyangkut perusakan lingkungan," kata Siti Nurbaya.

Berdasarkan uji coba sekat kanal yang dirintis pemerintah di Riau, seperti di Desa Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti, kata Siti Nurbaya, telah berhasil mengurangi kebakaran karena air yang sebelumnya terkuras karena adanya kanal bisa tertahan sehingga menjaga gambut tetap basah.

Hal itu juga ditunjukan dari data Satelit NOAA 18 bahwa pada kurun awal tahun ini jumlah titik api menurun drastis menjadi 1.893 titik, dibandingkan dengan tahun 2014 pada periode yang sama mencapai lebih dari 7.000 titik api.

"Ada indikasi fisik gambut yang mulai basah setelah sekat kanal, meski ada konsekusinya ada tanaman kelapa sawit yang mati karena akarnya terendam air," ujarnya.

Ia mengatakan proses penyekatan kanal akan dibiayai seluruhnya oleh BNPB melalui dana tanggap darurat siap pakai (on call). Jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk sekat kanal akan segera dihitung ulang dengan melibatkan instansi terkait dan pihak akademisi.

Untuk jumlah dan lokasi penyekatan kanal masih akan diverifikasi lagi karena belum semua pemerintah daerah di Riau mengirimkan usulan kanal yang akan disekat.

"Baru empat daerah yang mengirimkan usulan penyekatan kanal yaitu Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak dan Pelalawan, dari delapan daerah yang dianggap rawan kebakaran," katanya.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan akan segera menghadap Panglima TNI Jenderal Moeldoko untuk membahas pengerahan pasukan ke Riau, dan melaporkan rencana itu ke Presiden Joko Widodo.

"Saya akan bicarakan dengan Panglima TNI dan saya berdua dengan Kepala BNPB akan melaporkan ke Bapak Presiden," ujarnya.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015