Jakarta (ANTARA News) - Pusat kebudayaan Belanda di Indonesia Erasmus Huis menggelar pameran foto bertajuk Glam Seekers di Galleria Fatahillah, Kota Tua Jakarta.

"Kami bekerja sama dengan Erasmus Huis untuk mengadakan pameran foto Glam Seekers. Pameran ini resmi dibuka kemarin (8 Mei), hingga 25 Mei," kata Sry Mayanthi Munthe, Staff Operational Galeria Fatahillah kepada ANTARA News, Sabtu.

Pameran tersebut menampilkan 24 foto karya Annemarie Ruys yang menggambarkan Glam Seekers, para gadis, yang dikelilingi oleh ikon-ikon dalam budaya yang glamour.

Dalam pameran itu disebutkan bahwa Annemarie mencoba untuk lebih memahami sikap para gadis muda yang ambisius dalam perekonomian yang tumbuh pesat untuk menonjolkan status baru yang mereka peroleh.

Hal itu terlihat dalam 24 hasil karya foto Annemarie di mana para gadis mengenakan pakaian dengan ikon gaya Paris Hilton, kontras dengan latar belakang budaya mereka sendiri.

Disebutkan pula bahwa Annemarie membuat seri foto tersebut berdasarkan pengamatan dan rasa takjubnya terhadap perubahan pesat gaya hidup jalanan di Indonesia.

Pameran foto tersebut merupakan bagian dari dokumenter di mana Annemarie mengikuti Glam Seekers lainnya di St Petersburg (Rusia), Istambul (Turki) dan Tianjin (China).

Sebelumnya pameran tersebut telah digelar di Museum Nasional di Leiden, Belanda dan diharapkan akan dibawa ke Stockholm, Swedia dan Antwerp, Belgia.

Di Indonesia pameran tersebut berlangsung di Galleria Fatahillah, Kota Tua Jakarta pada pukul 09.00-19.00 WIB (Senin-Jumat) dan pukul 09.00-21.00 WIB (Sabtu-Minggu), tanpa dipungut biaya.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015