Cibinong, Bogor (ANTARA News) - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Amran Sulaiman melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) beras bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi dan UKM di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

"Saya jamin harga dan pasokan beras aman jelang puasa," kata Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman di Cibinong.

Ia mengatakan harga beras terkendali di dalam negeri dan pasokannya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang biasanya melonjak selama bulan puasa.

" Juni nanti akan ada panen dari 1,39 juta hektar sawah," katanya.

Kementeri Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koprasi dan UMKM hanya datang ke Pasar Cibinong sekitar 10 menit dan berbincang dengan beberapa pedagang beras. Tetapi pada saat sidak tidak ditemukan adanya beras palsu di Pasar Cibinong.

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan akan menurunkan tim ke seluruh pasar dan tempat pengepul beras di Kabupaten Bogor untuk menjaga beras tetap aman dan tidak ada yang bercampur beras plastik.

"Memang informasi beras palsu cepat menyebar luas di masyarakat," katanya.

Namun, kata dia, masyarakat diharapkan tenang dan tidak mengambil jalan cepat karena tim dari Pemerintah Kabupaten Bogor segera mengambil tindakan cepat.

"Tim sedang melakukan identifikasi di lapangan sekarang," katanya.

Ia menyatakan tim bukan hanya melakukan indentifikasi beras palsu tetapi mie tradisional juga jadi target utama. Karena sudah semakin banyak mie yang mengandung formalin beredar di Kabupaten Bogor.

" Saya berharap masyarakat bisa cepat melaporkan jika melihat ada beras palsu dan mie berformalin yang dijual bebas," katanya.

Ia mengatakan akan secepatnya menurunkan tim identifikasi ke lapangan agar barang-barang yang tidak layak konsumsi tidak beredar bebas di Kabupaten Bogor. Khusus di bulan ramadan nanti Pemkab Bogor tidak akan membatasi mie tradisional masuk ke Kabupaten Bogor untuk menghindari masuknya mie berformalin di Kabupaten Bogor. 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015