Bakauheni (ANTARA News) - Ribuan pemudik pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni Lampung menumpuk di terminal Pelabuhan Bakauheni setelah baru turun dari kapal feri yang membawanya dari pelabuhan Merak, Rabu.

Sejak pagi hari, para penumpang dari kapal yang tidak membawa kendaraan bermotor itu, membludak dan menumpuk di areal terminal Bakauheni menunggu bus datang untuk mengangkut mereka sejak pukul 05.30 WIB hingga pukul 07.30 WIB.

Para penumpang terpaksa harus berdesak-desakan berebut memasuki bus antarkota dalam provinsi (AKDP) yang datang mengangkut mereka.

Puluhan polisi diterjunkan untuk membantu mengatur pemudik yang akan naik ke bus, serta mengantisipasi tindak kriminal terhadap mereka.

Polisi mendahulukan penumpang perempuan yang membawa anak-anak untuk naik lebih dahulu ke dalam bus, baru kemudian penumpang laki-laki, namun ini tak selamanya lancar.

"Kami akan atur agar proses pengangkutan penumpang tetap tertib dan lancar," kata Kapolres Lampung Selatan AKBP Hengki.

Petugas dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, M. Waluyo, membenarkan memang telah terjadi lonjakan penumpang dari Merak yang turun di Bakauheni.



Pewarta: Budisantoso B & Kristian A
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015