... merupakan berkah, dimana Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, dimana umat muslim juga melaksanakan shalat Jumat...
Beijing (ANTARA News) Sebagian besar muslim di wilayah barat laut China, telah memulai 1 Syawal 1436 Hijriyah dengan menggelar shalat Idul Fitri pada Jumat (17/7).

Muslim di dua provinsi di barat laut China itu, yakni Qinghai dan Gansu lebih dulu menyambut lebaran, dibandingkan muslim di wilayah lain di China alias Tiongkok yang baru merayakan Idul Fitri pada Sabtu (18/7).

"Ini merupakan berkah, dimana Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, dimana umat muslim juga melaksanakan shalat Jumat," kata imam masjid Dongguan di Kota Xining, Ibukota Provinsi Qinghai, Ma Yun, seperti diwartakan media lokal.

Sekitar 300 ribu muslim di kota tersebut telah bersiap-siap menjalankan Shalat Idul Fitri 1436 Hijriyah sejak pukul 03.00 waktu setempat. Imam memimpin shalat dengan menggunakan dua bahasa yakni pertama dalam bahasa Inggris, langsung dialihbahasakan ke bahasa setempat. 

Sementara itu muslim di wilayah lain di China, termasuk di Xnjiang dan Beijing, akan merayakan datangnya 1 Syawal 1436 pada Sabtu (18/7). Di China kini terdapat sekitar 20 juta umat muslim, sangat sedikit ketimbang total populasinya yang lebih dari 1,2 miliar manusia. 

Di Beijing, 13 juta umat muslim akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di sekitar 20 masjid yang tersebar di ibukota China itu.

Jumlah umat muslim di China tercatat sekitar 20 juta orang. Layaknya perayaan Idul Fitri di Tanah Air, usai menjalankan Shalat Idul Fitri umat muslim berkumpul dengan keluarga, baik di rumah atau di restoran untuk bersantap bersama. 

Pengurus Masjid Niujie masjid terbesar dan tertua di Beijing menyatakan, shalat Idul Fitri dimulai pukul 10.00 waktu setempat. Sedangkan Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, menggelar shalat Idul Fitri pukul 08.00 waktu setempat.

Ketua Panitia Ramadhan dan Idul Fitri 1436 Hijriyah Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, Dandy Iswara, mengatakan imam dan penceramah pada penyelenggaraan shalat Idul Fitri mendatang adalah KH Lukman Hakim Badri dari Dompet Dhuafa. 

Waktu pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Shanghai, Guangzhou, Hong Kong juga dilaksanakan sekitar pukul 09.00 waktu setempat. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015