Jakarta (ANTARA News) - Gedung Rmpire State di New York menyala berwarna hijau pada Jumat malam, turut merayakan Hari Raya Idul Fitri yang menandai bulan suci Ramadhan berakhir, demikian dilansir Al Arabiya News.

Dilaporkan, gedung pencakar langit yang terkenal itu akan menyala hijau sampai tertutup untuk publik pulul 02.00 waktu setempat, saat gedung biasanya memadamkan lampunya. 

Salah seorang juru bicara gedung mengatakan pada AFP, Empire State Building setiap tahun dinyalakan untuk Idul Fitri, menyatakan tradisi itu sudah dilaksanakan beberapa tahun belakangan.

Gedung Empire State --terkenal sebagai lokasi King Kong mengamuk dalam film King Kong-- juga terkenal menghormati hari besar agama lain, gedung akan menyakakan lampu berwarna pastel saat Paskah, biru dan putih saat Hanukkah dan merah hijau saat Natal.

Gedung juga sebelumnya menandai beberapa gelaran termasuk Hari Samudera Sedunia pada 8 Juni di mana lampu-lampu gedung berubah biru-putih dan ungu.

Lampu-lampu gedung milik swasta itu biasanya menyala warna putih setiap malam sepanjang tahun, setiap tahunnya gedung menerima ratusan permintaan tiap tahun agar menyalakan warna tertentu untuk berbagai gerakan dan event.

Meskipun proses seleksi tidak dipublikasikan, menurut AFP, gedung tak menerima permintaan politis, figur agama, organisasi, atau gelaran pribadi.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015