XUZHOU, Tiongkok, 31 Juli 2015 (Antara/PRNewswire) -- XCMG, perusahaan peralatan konstruksi terbesar kelima di dunia, meluncurkan mesin loader pintar seberat tiga ton dari pusat manufaktur digitalnya, menjadikan XCMG sebagai produsen peralatan konstruksi paling canggih di dunia.

 

Foto - http://photos.prnewswire.com/prnh/20150730/250551

 

Loader pintar nirawak ini mewujudkan digitalisasi operasi jarak jauh dan mampu beradaptasi pada kondisi apapun bahkan pada kondisi medan yang paling ekstrim, khususnya saat melakukan pembersihan terak pada proses tanur tiup (blast furnace) hipertermia dengan jarak yang sangat dekat, sehingga meningkatkan efisiensi operasi dan meminimalisir risiko kecelakaan pada personil.

 

Prakarsa digitalisasi XCMG dimulai pada 2008. "Pertimbangan utamanya ialah untuk meningkakan efisiensi produksi, menjamin terwujudnya kualitas tinggi, dan menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi para karyawan kami," ujar presiden XCMG, Wang Min.

 

"XCMG mengerti kalau produk-produk inovatif hanya dapat diproduksi dengan peralatan manufaktur yang canggih, dan dengan gelontoran investasi sebesar dua miliar yuan, kami berhasil membangun pusat manufaktur mesin loader pintar terbesar di dunia," kata Wang Min. "Ini merupakan langkah strategis jangka panjang dan memberikan kontribusi praktis bagi cetak biru XCMG untuk memproduksi berbagai produk dengan kualitas lebih tinggi dan memberikan pelayanan yang lebih baik."

 

Dewasa ini, proses manufaktur pintar telah menjadi hal yang sangat penting bagi dunia industri. Proses digitalisasi menjadi dasar bagi pusat manufaktur ini dimana seluruh perangkat pengendali berbasis hitungan saling terhubung satu sama lain, dan hampir seluruh siklus produksi, seperti pemindaian, pemindahan, dan transportasi, telah sepenuhnya otomatis. Agar kualitas produk selalu terjaga, seluruh bahan-bahan mentah didistribusikan menggunakan Kendaraan yang Dipandu secara Otomatis, baik melalui jaringan rantai pengiriman atau udara, jadi tidak sama sekali menyentuh tanah pada seluruh proses manufaktur, demi menjamin seluruh produk terhindar dari goresan. 

 

Sebagian besar operasi di pusat manufaktur digital seluas 220.000 meter persegi ini - Pengelasan, pelapisan, dan pemotongan pelat baja - dilaksanakan oleh robot, sehingga memungkinkan efisiensi operasi hingga 40-50%, dan meminimalisir risiko pekerja tereksposur zat-zat beracun serta menghemat energi.

 

Selain mesin loader, XCMG juga memproduksi berbagai produk lainnya seperti ekskavator, crane, dan mesin pengolah beton, yang semuanya diproduksi menggunakan sistem manufaktur pintar.

 

XCMG menghubungkan seluruh rantai pasokan - mulai dari pusat distribusi, pabrik, hingga sistem eksekusi manufaktur. Pengendalian mutu dan proses produksi memberikan data fundamental bagi layanan purna jual. Sementara itu, Manajemen Layanan Konsumen terhubung dengan sistem layanan purna jual, sehingga menciptakan siklus manajemen layanan konsumen yang komprehensif.

 

XCMG kini tengah aktif meningkatkan kerjasama rantai pasokan di seluruh dunia. Kini, tercatat terdapat 1800 perusahaan di dalam rantai pasokan XCMG berkoordinasi pada perencanaan produksi, penerbitan tagihan, dan pesanan produksi. Dengan demikian, hal ini memungkinkan XCMG untuk wujudkan layanan yang lebih baik dan lebih cepat bagi basis konsumen di seluruh dunia.

 

Seluruh pabrik digital XCMG akan segera bertransformasi menjadi pabrik pintar dimana proses manufaktur real-time memungkinkan seluruh produk dikirimkan dari pool perakitan lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produk.



Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: www.xcmg.com, atau Facebook, Twitter dan Youtube.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015