... masih lewat media iklan saja, seharusnya perlu diperluas. Dananya saja sangat sedikit...
Jakarta (ANTARA News) - Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional perlu ditingkatkan, mengingat banyak masyarakat yang belum paham, kata Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Hasbullah Thabrany.

"Dalam hal sosialisasi ini masih sangat kurang, dari segi intensitas komunikasinya masih lewat media iklan saja, seharusnya perlu diperluas. Dananya saja sangat sedikit," kata dia, di Jakarta, Kamis.

Selain itu, lanjut dia, sosialisasi perlu ditingkatkan kepada para pemangku kepentingan, misalnya LSM, akademisi dan organisasi-organisasi terkait.

"Harus disediakan pula yang bisa diakses seperti zaman dulu itu sosialisasi Program Keluarga Berencana, itu sangat bagus dan bisa ditiru," ujar dia. 

Menurut dia, pihak berwenang juga perlu memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan JKN tersebut, misalnya membuat facebook atau twitter yang khusus membahas program tersebut.

Sementara itu, untuk masyarakat yang tinggal di pedesaan, Hasbullah mengusulkan agar sosialisasi dilakukan melalui radio, sukarelawan dan lembaga-lembaga desa yang mampu meneruskan kepada masyarakat.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015