Balik sana ke Univision"
Washington (ANTARA News) - Bakal calon presiden utama kubu Republik Donald Trump mengomeli seorang wartawan saluran televisi berhahasa Spanyol di Amerika Serikat dengan menghardiknya "balik sana ke Univision."

Insiden yang melibatkan penyiar dwibahasa Jorge Ramos dalam sesi tanya jawab yang disiarkan langsung beberapa jaringan televisi kabel AS itu adalah ulah terbaru Trump yang sebelumnya perang kata-kata di dunia siber dengan presenter Fox News Megyn Kelly.

Ramos berdebat dengan Trump sebelum kampanye mulai, khususnya menyangkut isu imigrasi dan rencana Trump mendeportasi mereka yang masuk ke AS secara ilegal.

Ketika Ramos berdiri untuk bertanya mengenai masalah imigrasi, Trump malah mengalihkan perhatian kepada wartawan lain, bahkan saat Ramos meyakinkan dia yang bertanya Trump bergeming mengacuhkannya.

"Mohon duduk, Anda tidak dipanggil. Duduk," kata Trump.

Ramos bertahan, "Saya punya hak untuk mengajukan pertanyaan."

Dengan ketus Trump malah menjawab, "Balik sana ke Univision."

Ramos kemudian dituntun ke luar ruangan jumpa pers oleh satpam.

Setelah Ramos diusir, Trump mengaku tidak punya masalah apa-apa dengan sang reporter karena dia hanya ingin dia menaati aturan main.

"Dia sudah kebablasan. Saya akan menjawab dalam dua detik tapi dia malah berdiri dan berteriak," kata Trump ketika ditanyai wartawan soal umpatan kepada Ramos.

"Jadi tahu kan, mungkin juga dia salah," sambung Trump. "Saya tidak berkeberatan jika dia datang lagi."

Ramos memang kembali ke ruangan dan disambut oleh Trump, serta mengajukan pertanyaan mengenai imigrasi dan Trump juga menjawabnya.

"Ini pribadi. Ketika dia membicarakan soal imigrasi, maka dia juga membicarakan saya," kata Ramos kepada CNN seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015